5 Tips Renovasi Rumah Subsidi yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

5 Tips Renovasi Rumah Subsidi yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Sudahkah Anda mengetahui tips renovasi rumah subsidi? Tentu sangat penting mempelajarinya terlebih dahulu pasalnya ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Terlebih adanya program tersebut memiliki tujuan untuk memfasilitasi masyarakat menengah ke bawah sehingga diatur langsung oleh pemerintah.

Tips Renovasi Rumah Subsidi

Rumah subsidi merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan kepada masyarakat. Tentunya akan ada banyak aturan apabila Anda ingin melakukan renovasi pada hunian tersebut. Jika tidak taat aturannya, maka tentu saja bisa terkena konsekuensi hukum. Di bawah ini beberapa tips selengkapnya:

5 Tips Renovasi Rumah Subsidi yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

  1. Lakukan Renovasi Ringan

Setiap masyarakat yang menghuni rumah subsidi hanya diperbolehkan melakukan renovasi secara ringan. Umumnya hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kerusakan kecil saja pada bangunan. Oleh sebab itu, hindari merombak secara besar-besaran.

Terlebih apabila mengubah struktur bangunannya karena hal ini tentunya tidak diizinkan. Selain itu, pastikan memperhatikan tampilan rumah subsidinya sama dan sesuai ketentuan. Dengan begitu, bisa menerapkan aturan apa saja yang dibolehkan ataupun tidak dari pemerintah.

  1. Hindari Mengubah Tampilan Fasad

Ketika ingin renovasi rumah subsidi, maka usahakan Anda tidak sampai mengubah tampilan fasadnya. Pasalnya, hal tersebut sudah diatur di undang-undang sehingga jika melakukan pengubahan bisa termasuk sebagai sebuah pelanggaran bagi penghuninya.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena dalam hal ini Anda tetap bisa melakukan renovasi pada bagian lainnya. Salah satunya seperti pembuatan kanopi, penambahan pagar, mengecat eksterior, dan masih banyak lagi. Dengan begitu sangat aman apabila melakukannya.

  1. Pastikan Kredit Berjalan

Proses renovasi ini sendiri perlu Anda lakukan apabila sudah menjalankan kredit selama lebih dari 5 tahun. Dengan begitu, tidak mengapa apabila ingin menambahkan pagar, ornament, kanopi, dan lain seagainya. Penghuni juga dapat menambahkan dapur, taman, atau renovasi kecil lain sesuai kebutuhan.

Jika tidak, tentu saja sudah melanggar aturan dari pemerintah mengenai renvoasi yang dilakukan pada rumah subsidi. Oleh sebab itu, jangan sampai melakukannya dengan sembarangan tanpa memperhatikan aturan-aturannya.

  1. Manfaatkan Sisa Lahannya

Terakhir, Anda juga dapat memanfaatkan sisa lahan di sekitarnya apabila ukurannya memang cukup luas. Tidak ada salahnya apabila ingin menambah beberapa ruangan. Seperti untuk menjemur pakaian, memasak, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Selain itu, pemilik rumah subsidi juga bisa membangun tempat usaha di lahan sempit tersebut sehingga bisa menjadi salah satu aset untuk berjualan dan menambah penghasilan dari rumah. Akan tetapi, tentu saja perlu tetap memperhatikan masa cicilannya. Pastikan sudah lebih dari 5 tahun.

Itu dia beberapa tips renovasi rumah subsidi dari https://plafon.id/. Tentu sangat penting bagi Anda untuk menerapkannya. Aturan ini sendiri bahkan sudah ditetapkan di dalam undang-undang secara khusus sehingga tentunya bisa jadi sebuah pelanggaran apabila tidak melaksanakan aturannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *